Cara Edit File Di Cpanel Hosting

Cara edit file di cpanel bisa digunakan untuk berbagai keperluan edit file misalnya untuk merubah halaman depan website secara langsung dari cpanel seperti edit file .php atau file .html

Edit file di cpanel juga bisa digunakan untuk edit file lain seperti file .htaccess, edit php.ini dll. Di cpanel Selain bisa edit file juga bisa membuat file baru ataupun folder baru serta bisa download dan ekstrak file.

Berikut langkah cara edit file di cpanel hosting

  • Login ke cpanel hosting, gunakan username dan password yang diberikan ketika beli hosting.
  • Pilih File Manager.
file manager cpanel
File Manager Cpanel

Setiap kali sebuah website diakses maka file yang pertama kali ditampilkan/diproses sistem adalah file index.php atau index.html atau file lain tergantung konfigurasi.

Tapi pada umumnya untuk sebuah website, file yang pertama kali ditampilkan adalah file index.php atau index.html yang ada di folder public_html. Contoh kali ini adalah edit file index.php dan edit file html

  • Buka folder public_html dan klik kanan pada file yang ingin di edit.
Folder public html cpanel
Folder public_html cpanel
  • Isi file tersebut sesuai kebutuhan.
Isi file index.php

Untuk editor file .html memilik perbedaan, seperti tampilan gambar dibawah. Ketika klik kanan pada file silahkan pilih HTML Edit.

Edit file .html di cpanel
Edit file .html
Tampilan editor file html di cpanel
Editor file .html di cpanel

Tampilan editor file .html dan file .php memiliki perbedaan dimana editor HML lebih memiliki banyak fitur dibandingkan editor file .php

Di editor file HML lebih banyak fitur seperti menambahkan gambar, tambah kolom, rubah ukuran huruf, warna, text align, dll juga termasuk tersedia fitur view code.

Cara edit file di cpanel ini bisa digunakan ketika darurat atau jika tidak punya aplikasi khusus editor file. Namun sebaiknya ketika edit file sangat disarankan gunakan software khusus edit file sehingga bisa edit file di PC dan akan lebih leluasa.

Software editor file php html misalnya notepad, notepad++, sublime, macromedia dreamweaver, netbean, Microsoft Visual Studio Community, comodo edit dll.

Saran untuk software editor, gunakan software editor yang menyimpan secara otomatis atau menyimpan cache langsung. Supaya ketika gangguan misal listrik mati khusus nya PC desktop maka hasil edit tidak hilang.

1 tanggapan pada “Cara Edit File Di Cpanel Hosting”

  1. Pingback: Cara Upload File Menggunakan FTP Filezilla - Web Hosting Murah Berkualitas - WebHostingALLinOne.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *