Cara Forward Email di Cpanel – Meneruskan Email

  • by

Cara forward email di cpanel artinya meneruskan email dari email hosting domain sendiri ke email lain, baik ke email di domain itu sendiri atau ke email domain lain misalnya ke email gmail.

Berikut ini langkah cara forward email di cpanel hosting

1. Login ke cpanel http://namadomainanda[dot]com/cpanel gunakan username dan password yang diberikan oleh penyedia hosting setelah hosting anda aktif.

login cpanel
Login cpanel

2. Pada bagian email pilih Forwarders

Forward email hosting
Forward email

3. Pilih nama domain yang email nya akan di forward kemudian klik Add Forwarder

Pilih nama domain yang akan di forward
Pilih nama domain

4. Masukan alamat email yang akan di forward/diteruskan dan email tujuan forward lalu klik tombol Add Forwarder.

Alamat email yang akan di forward dan email tujuan
Tentukan email tujuan forward

Terdapat pilihan Discard and send an error to the sender (at SMTP time). Failure Message (seen by sender) artinya setiap email yang diterima oleh email domain akan dikembalikan (bounce back) dengan pesan tertentu. Fitur ini bisa digunakan untuk email no-reply.

Selain itu juga terdapat Advance Options :

Forward to a system account artinya email diteruskan ke akun sistem. Secara default di hosting terdapat akun email bawaan yang biasanya berupa username, jika username login adalah contohnamauser maka default emailnya adalah contohnamauser. Akun ini dibuat secara otomatis.

Pipe to a Program yaitu meneruskan email ke script yang mana script tersebut bisa anda proses sedemikian rupa.

Discard yaitu buang email.

Gambar dibawah ini memperlihatkan email yang di forward. Semua akun email yang di forward / diteruskan akan terlihat disini.

List email forward di cpanel hosting
Akun email yang di forward

Forward email atau penerusan email sifat nya menduplikat/meng copy dari email utama. Jadi semua email yang ada di email utama tetap tersedia walaupun di forward.

Salah satu pertimbangan menggunakan email forwarder biasanya untuk keperluan backup. Jika di forward tujuannya supaya mudah dibaca misalnya di HP sebenarnya tidak perlu di forward karena email domain bisa dengan mudah di konfigurasi menggunakan app email clien yang ada di smartphone layaknya gmail. App email client tersebut memiliki fitur lengkap selain terima dan kirim email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *