Cara Install WordPress Otomatis

  • by

Cara install WordPress otomatis artinya kita akan install WordPress/membuat website dengan WordPress dengan cara menginstallnya menggunakan auto installer bukan install manual. Karena seperti yang kita ketahui bahwa cara install WordPress memiliki dua cara utama yaitu install secara manual dengan cara upload file WP dan membuat serta konfigurasi database atau install WordPress otomatis melalui fitur yang sudah disediakan dalam cpanel hosting itu sendiri yaitu melalui softaculous.

Otomatis disini bukan berarti tidak perlu isi apapun ya, tetap harus ada yang kita lakukan yaitu sedikit mengisi beberapa bagian penting sebelum WordPress di Install. Langsung saja kita buat tutorial tentang cara install WordPress secara otomatis.

1. Login ke cpanel Anda dan klik WordPress dan pada halaman selanjutnya klik Install Now.

Cara Install WordPress Otomatis Softaculous apps installer
Softaculous apps installer
Install WordPress tahap awal
Install WP tahap awal

2. Isi bagian-bagian yang diperlukan.

Software Setup

  • Choose the version you want to install. Pilih dari drop down, versi WordPress yang ingin di install. Silahkan gunakan versi WordPress terbaru.
  • Choose Installation URL. Tentukan dimana WordPress akan di install yang nantinya sebagai alamat link web diakses. Bagian Choose Protocol sangat penting gunakan https:// jika anda sudah memiliki SSL dan bagian Choose Domain pilih nama domain jika memiliki lebih dari satu domain di hosting yang sama.
  • Pada bagian Choose Installation URL penting untuk diperhatikan, tutorial ini mencontohkan install WordPress di directory wpsaya artinya web diakses melalui link https://namadomainanda.my.id/wpsaya sedangkan jika ingin langsung di akses di domain utama maka bagian In Directory di kosongkan.

Site Settings

Site Settings
  • Site Name. Isi dengan nama website sesuai keinginan.
  • Site Description. Isi dengan deskripsi website.
  • Enable Multisite (WPMU) silahkan lewati/jangan di ceklis kecuali Anda sudah memahaminya, karena ini untuk membuat WordPress multi user, tutorial nya akan kita bahas nanti secara khusus.

Admin Account

Admin Account
  • Admin Username. Buat username untuk nanti login ke dasbor admin, jangan gunakan username admin, silahkan gunakan username random yang sulit ditebak.
  • Admin Password. Buat password login serumit mungkin yaitu gabungan huruf, angka dan simbol termasuk huruf besar dan huruf kecil.
  • Admin Email. Masukkan email Anda, email ini bebas yang penting bisa menerima email untuk keperluan pemberitahuan update dll.

Choose Language dan Select Plugin(s)

  • Pilih bahasa yang akan di gunakan dalam website.
  • Bagian select plugin ini merupakan tambahan saja, Anda dapat melewatinya atau memilihnya.
  • Limit Login Attempts (Loginizer). Sebuah plugin yang akan langsung terinstall, bertujuan untuk membatasi jumlah login ke admin area jika terjadi kesalahan. Jika jumlah kesalahan Anda tentukan 3 maka setelah tiga kali berturut-turut salah akan di lock. Konfigurasinya bisa dilakukan dari admin area nanti setelah WordPress berhasil di install.
  • Classic Editor. Untuk menggunakan editor klasik ketika isi artikel maupun halaman, disarankan jangan gunakan editor klasik karena editor terbaru memiliki lebih banyak fitur.
  • wpCentral – Manage Multiple WordPress. Bertujuan untuk memanage beberapa website/blog WordPress dari satu admin area walaupun website WordPress Anda ada di beberapa tempat.
  • Advanced Options. Silahkan lewati jika belum memahaminya, ini bertujuan untuk merubah nama database, table prefix dan auto update.

Select Theme

Jika Anda ingin memilih tema pada saat install, silahkan pilih disini dan bisa dirubah atau install tema baru nanti dari dasbor admin.

Jika semua sudah diisi dan ditentukan silahkan periksa kembali, jika tidak ada yang terlewat dan sudah tepat lalu klik Install. Anda juga bisa isi alamat email untuk info detail hasil install. Tapi email ini tidak berisi password, silahkan ingat-ingat password yang tadi Anda buat.

Setelah klik install maka akan muncul halaman baru yang memperlihatkan progress install, waktu yang diperlukan tidak lebih dari 1 menit. Jika pada tahap ini berhenti dalam jangka waktu lama dan proses tidak tuntas maka kemungkinan ada sesuatu hal terjadi.

Progres install WordPress
Progres install WordPress

3. Install WordPress selesai

Sedangkan jika progress selesai maka akan tampil halaman selajutnya yang berisi tentang link website beserta link untuk login ke halaman admin.

Proses install WordPress selesai
Proses install WordPress selesai
Halaman default WordPress
Halaman default WordPress
Halaman admin WordPress
Halaman admin WordPress

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − 9 =