Cara Mempercepat Web Menggunakan Web Accelerator

  • by

Terdapat banyak cara mempercepat web yang bisa dilakukan, baik pengoptimalan website dari dalam file web itu seperti mengoptimalkan penulisan pemrograma maupun dari external.

Salah satu cara mempercepat web melalui pengoptimalan external adalah menggunakan Web Accelerator yang sudah tersedia di dalam capanel hosting dinamakan Varnish Cache.

Berikut ini cara mengaktifkan web accelerator Varnis

1. Login ke cpanel hosting

Web accelerator varnish cache
Varnish Cache

2. Klik Enable Varnish

Seting Varnis cache cara mempercepat web
Seting Varnish Cache

Anda bisa kapan saja menonaktifkan Varnish Cache dengan cara Disable Varnish kapan saja melalui lis domain yang terdapat di halaman manage Varnish.

Ada yang perlu diperhatikan tentang Varnis Cache sesuai keterangan dari Varnish Cache yaitu :

  • Varnish dapat mempercepat website hingga 3-5 kali lebih cepat dengan meng cache konten statis maupun konten dinamis (gambar, css, HTML dll)
  • Mengaktifkan Varnish dapat mengakibatkan log lokal dan analisis lalu lintas terpecah.
  • Secara default Varnish tidak bekerja di https, ada konfigurasi tambahan yang harus dilakukan dari sisi server.
  • Jika situs web menampilkan data dinamis, tidak disarankan mengaktifkan Varnish karena dapat mengakibatkan situs web menampilkan data yang tidak akurat.
  • Varnish tidak boleh diaktifkan pada web tempat Anda menginstal WHMCS atau perangkat lunak serupa lainnya yang membutuhkan data baru pada setiap akses.

Kesimpulannya Varnish Cache lebih cocok untuk website yang menampilkan konten informasi online selain informasi yang bersifat pengolahan data.

Tidak hanya Varnish, setiap situs web yang mempercepat website menggunakan cache harus mempertimbangkan poin-poin diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *