Cara Menambahkan Domain di Cpanel

  • by

Cara menambahkan domain di cpanel dan apa kelebihan serta kekurangannya

Cara menambahkan domain di cpanel merupkan solusi bagi Anda yang ingin menghemat biaya artinya tidak perlu beli hosting secara terpisah untuk masing-masing domain yang Anda miliki. Menambahkan domain (addon domain) memungkinkan Anda untuk mengontrol beberapa domain sekaligus dari satu akun hosting. Ketika domain sudah ditambahkan maka itu akan menautkan nama domain baru tersebut ke direktori di hosting, lalu menyimpan filenya di direktori yang sama dengan nama domain.

Kelebihan Addon Domain

Seperti yang telah dijelaskan diatas dengan menambahkan domain berarti Anda menghemat uang. Anda tidak perlu membeli akun hosting tambahan untuk setiap domain yang Anda operasikan. Cukup membuat addon domain dan membagi sumber daya akun yang ada.

Penting untuk diketahui sebelum menambahkan domain :

  • Hosting Anda harus dapat menambahkan domain lebih dari satu, ini ditentukan oleh penyedia hosting sesuai paket yang ditawarkan.
  • Setelah nama domain ditambahkan mungkin perlu beberapa waktu sampai domain yang ditambahkan tersebut bisa diakses secara global.
  • Di beberapa penyedia hosting mungkin tidak akan bisa menambahkan domain sebelum domain tersebut diarahkan ke IP server.

Bagaimana cara Addon domain bekerja ?

Seperti subdomain, addon domain disimpan dalam subdirektori di direktori home. Ketika pengunjung mengakses website akan diarahkan ke direktori domain tambahan tersebut. Ada dua lokasi tempat direktori disimpan tergantung dari pengaturan hosting.

  • Pertama, direktori Domain Tambahan disimpan dibawah home -> nama direktori Domain Tambahan.
  • Kedua, nama direktori Domain Tambahan disimpan di Home -> public_html -> nama direktori Domain Tambahan.

Tidak masalah direktori domain tambahan disimpan langsung di home maupun di dalam public_html karena keduanya akan tetap bisa diakses.

Berikut ini cara menambahkan domain di cpanel

  • Setelah login ke cpanel hosting kemudian pilih Addon Domain.
Fitur Addon domain di cpanel
Fitur Addon Domain
  • Kemudian isi dengan nama domain baru yang telah Anda miliki.
Tambahkan nama domain anda di cpanel
Tambahkan nama domain

New Domain Name : Isi dengan nama domain baru.

Subdomain : Otomatis akan dibuat, subdomain ini juga ikut dibuat supaya tidak bentrok ketika Anda membuat subdomain. Atau anda bisa saja menamainya dengan nama subdomain baru.

Document Root : Tempat dimana file nama domain baru ditempatkan, ini juga otomatis dibuat.

Centang pilihan Buat akun FTP untuk nama domain terkait, artinya jika ini dipilih maka akan otomatis dibuatkan akun FTP yang terkait dengan nama domain yang baru ditambahkan. Atau Anda bisa membuat akun FTP setelah nama domain ditambahkan melalui fitur tambah akun FTP.

  • Domain Addon berhasil ditambahkan dan jika terjadi error atau tambah domain gagal akan tertera pemberitahuan disini.
Menambahkan domain di akun hosting cpanel berhasil.
Domain berhasil ditambahkan

Kekurangan Addon domain

Dalam satu sisi menambahkan domain memiliki keuntungan yaitu menghemat biaya namun di sisi lain menambahkan domain di akun hosting yang sama juga memiliki kekurangan yaitu ketika hosting Anda down / tidak dapat diakses atau terjadi kendala maka semua domain akan sama tidak bisa diakses.

Selain itu jika terkena hack atau ada yang bisa login ke akun hosting maka besar kemungkinan semua domain yang ada dalam hosting tersebut juga akan terkena dampaknya.

Keputusan ada di tangan Anda apakah ingin menggunakan satu hosting untuk banyak domain atau memiliki akun hosting terpisah untuk semua nama domain.

Saran

Jika Anda memiliki banyak nama domain atas nama klien, misal Anda sebagai web developer maka sudah pasti jangan menempatkan nama domain di hosting yang sama, terutama ketika klien Anda minta login ke cpanel.

Sebaiknya Anda gunakan hosting yang berbeda untuk nama domain yang berbeda atau gunakan Reseller Hosting untuk mengelola semua website klien Anda dengan mudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *