Cara Mengaktifkan SSL Gratis Di Cpanel

  • by

Cara Mengaktifkan SSL – SSL gratis adalah salah satu fitur yang kini terdapat dalam cpanel untuk semua paket hosting yang ada di webhostingallinone.com termasuk juga tersedia untuk Cloud Hosting.

SSL sangat penting digunakan dalam website terutama terkait keamanan dan supaya akses website lebih cepat.

Berikut cara mengaktifkan SSL gratis di cpanel hosting:

  • Login ke cpanel
  • Cari bagian Security dan klik SSL/TLS Status
SSL Status di cpanel
  • Setelah masuk di halaman status SSL kemudian klik tombol Run AutoSSL
cara mengaktifkan ssl gratis

Perlu diperhatikan bahwa SSL gratis bisa diaktifkan jika nama domain sudah aktif dan sudah resolved (tersambung ke server) dalam artian nama domain bisa diakses dan menampilkan apa yang ada di server tersebut.

Proses Run AutoSSL ini jika domain sudah aktif dan resolved hanya memakan waktu hitungan menit sekitar 1 atau 2 menit saja. Jika proses Run AutoSSL berlangsung lama silahkan hubungi kami untuk pengecekan lebih lanjut.

Setelah proses Run AutoSSL selesai ditandai dengan icon gembok sebelah kiri berubah warna dari hitam menjadi hijau serta terdapat keterangan di sebelah kanan tentang masa berlaku SSL dan keterangan lain nya.

Selanjutnya tidak serta merta website bisa langsung diakses menggunakan https tapi harus menunggu supaya efek nya terlihat yaitu sekitar 24 jam. Namun pada umumnya dalam 30 menit website bisa diakses normal menggunakan https

Ketika Sertifikat SSL sudah aktif langkah selanjutnya adalah mengarahkan link website tanpa https ke https supaya setiap kali pengunjung mengakses website langsung diarahkan/di redirect ke https.

Cara redirect http ke https silahkan ikuti langkah dalam panduan berikut Cara Redirect http ke https