Cara Mengetahui Kapasitas Hosting Website

  • by

Untuk cara mengetahui kapasitas hosting website selain dengan bertanya langsung ke penyedia hosting juga bisa dengan cara melihat dari area klien tempat hosting di beli atau dengan cara melihat langsug dari cpanel untuk hosting linux dan plesk untuk hosting windows.

Pertama, cara mengetahui kapasitas hosting melalui area klien.

  • Login ke area klien.
  • Pilih Services.
Layanan hosting whmcs

  • Klik layanan yang tersedia.
Detail layanan hosting tersedia

Pada halaman ini terlihat layanan hosting yang sedang aktif maupun yang sudah expire juga tertera nama domain, harga dan nama paket hosting. Halaman ini tidak hanya memperlihatkan paket hosting namun semua produk yang di beli.


  • Halaman selanjutnya menampilkan detail paket hosting yang dibeli termauk kapasitas hosting dan bandwith hosting, juga menampilkan sebagian fitur yang ada di cpanel hosting. Pada halaman ini bisa juga klik langsung login ke hosting atau membuat akun email baru dll.
Detail kapasitas hosting dan bandwith hosting

Kedua, cara mengetahui kapasitas hosting melalui cpanel.

  • Login ke cpanel menggunakan username dan password yang sudah diberikan http://namadomainanda/cpanel
  • Di sidebar kanan atau kiri halaman home cpanel akan tertera semua detail tentang hosting termasuk jumlah kapasitas dan bandwith hosting.
Cara Mengetahui Kapasitas Hosting Website
Halaman ini memperlihatkan detail kapasitas hosting dan detail lainnya seperti bandwith, jumlah database, addon domain, sub domain, email dll

Untuk pengguna hosting dengan operating sistem Windows yang panel hosting nya menggunakan Plesk, untuk melihat kapasitas hosting dan lainnya pada dasarnya sama. Dalam panel Plesk juga akan memperlihatkan kapastias hosting yang tersedia dan detail lainnya.

Selain cara diatas tentu ada teknik lain cara mengetahui kapasitas hosting website yaitu menggunakan command prompt khusus untuk yang sudah berpengalaman dan biasanya dilakukan oleh administrator server.

Terkait dengan hosting unlimited dalam shared hosting sebenarnya tidak ada namanya kapasitas harddsik tanpa batas hanya saja penyedia hosting menawarkan paket unlimited yang berarti sudah siap menampung data klien dan terus menambah kapasitas yang tersedia seiiring dengan data yang terus bertambah.

Tapi hosting unlimited juga harus mengikuti aturan yang telah diterapkan semisal tidak boleh digunakan untuk backup data, tidak boleh menyimpan video, tidak boleh melebihi batas jumlah file yang telah ditentukan dll. Aturan ini pada umumnya sama di semua penyedia hosting.

Sangat dianjurkan untuk membaca syarat dan ketentuan serta perjanjian lainnya sebelum memesan paket hosting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *