Cara Redirect HTTP ke HTTPS – Penerapan SSL di Website

Langkah Cara Redirect HTTP ke HTTPS – HTTP adalah singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol. Sedangkan HTTPS Hyper Text Transfer Protocol Secure yang artinya lalu lintas antara pengakses dan website dijadikan aman karena di enkripsi. HTTPS di dapat setelah memiliki SSL Sertifikat baik beli SSL berbayar maupun SSL gratis.

Setelah memiliki SSL selanjutnya pemilik website harus mengalihkan dari HTTP ke HTTPS. Ada beberapa cara redirect dari HTTP ke HTTPS, bisa di script langsung atau menggunakan cara lain yaitu seperti plugin ataupun .httaccess

Kita ambil contoh mislanya website yang menggunakan CMS WordPress. Jika menggunakan wordpress bisa langsung install plugin HTTPS redirect yang jenis nya cukup banyak. Sebut saja salah satunya yang paling praktis adalah plugin One Click SSL.

Cara kedua redirect menggunakan .htaccess, redirect menggunakan .htaccess bisa diterapkan walupun tanpa menggunakan CMS karena redirect menggunakan .htaccess langsung di hosting.

Cara redirect HTTP ke HTTPS menggunakan .htaccess

  • Login ke cpanel hosting
  • Buka file manager dan buka folder public_html kemudian klik kanan file .htaccess dan edit
file manager cpanel
public html cpanel
  • Masukan baris perintah berikut ini ke dalam .httaccess dan simpan

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

redirect http ke https di htaccess cpanel

Jika sudah silahkan akses link website tanpa HTTPS, jika sudah muncul gembok warna hijau atau hitam (tergantung browser) maka redirect http ke https berhasil.

Catatan:

  • Sebelum me redirect dari http ke https pastikan sertifikat SSL sudah aktif, caranya selain pemberitahuan dari penyedia SSL juga bisa ketik link web dengan langsung menggunakan https misalnya https://namadomainanda. Jika SSL belum aktif maka akan muncul peringatan.
  • Pastikan website tidak memiliki mix konten, artinya link di halaman website tidak ada yang menggunakan http secara langsung ( link absolut) contoh ada ada gambar di hlaman web yang llink nya ditulis secara langsung http://namadomainanda/namagambar.jpg

Jika terdapat mix content maka icon SSL tidak akan terlihat. Untuk melihat mix content gunakan fitur inspect element yang sudah tersedia di browser.

  • Jika redirect terlihat belum berfungsi, silahkan clear cache dan cookie browser, tutup browser kemudian buka dan akses kembali.
Promo hosting um

1 tanggapan pada “Cara Redirect HTTP ke HTTPS – Penerapan SSL di Website”

  1. Pingback: Cara Mengaktifkan SSL Gratis Di Cpanel - Web Hosting Murah Berkualitas - WebHostingALLinOne.Com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *