Cara Setting Email di HP – Email Hosting

  • by

Cara Setting Email di HP / Smartphone – Email hosting selain bisa dibuka di browser PC juga bisa dibuka di Smartphone. Maksud dibuka di smartphone ini bukan berarti buka email di browser HP tapi membuka email menggunakan aplikasi email.

Dengan diakses melalui HP menjadikan terima dan kirim email jadi lebih mudah, cepat. praktis dan juga akan menerima notifikasi setiap email masuk secara langsung.

Tapi sebelum mengatahui cara seting email di HP setidaknya harus memiliki sedikit pengetahun tentang cara kerja email. yang perlu diketahui paling pokok adalah:

  1. Otentikasi yaitu username/alamat email dan password login ke email.
  1. Server Masuk atau IMAP, POP3.

IMAP (Internet Message Access Protocol) yaitu protokol standar untuk mengambil/mengakses e-mail dari server.

IMAP menampilkan isi email yang ada di server dan memungkinkan pengguna, membuat folder di server, mencari pesan tertentu, bahkan menghapus e-mail yang ada di server.

Sedangkan POP3 (Post Office Protocol versi 3) bersifat mendownload dahulu semua email yang ada. POP3 akan sedikit menjadi masalah jika Smartphone tidak memiliki tempat penyimpanan yang memadai.

  1. Server Keluar atau SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yaitu standar Internet untuk transmisi email. Artinya digunakan untuk kirim email.
  1. Keamanan SSL/TLS pada intinya adalah enkripsi untuk keamanan selama komunikasi antara komputer/perangkat dengan email server.

Ketiga poin diatas harus di ketahui. Untuk username dan password email sesuai dengan pertama kali email dibuat. Sedangkan email masuk, email keluar dan jenis keamanan silahkan lihat konfigurasi email di cpanel hosting.

Email cpanel hosting
Email device cpanel hosting
Konfigurasi email imap smtp email hosting

Gunakan konfigurasi SSL/TLS.

  • Username: adalah alamat email.
  • Password: yaitu password email.
  • Incoming Server: biasanya terkait langsung dengan nama domain sendiri misalnya mail.domainanda.com tapi bisa saja berbeda tergantung konfigurasi server.Untuk port gunakan port IMAP.
  • Outgoing Server: sama seperti incoming yang biasanya terkait dengan nama domain misalnya mail.domainanda.com tapi bisa saja berbeda.

Selanjutnya berikt ini langkah konfigurasi cara setting email di HP

Buka Setting-Account dan tambah akun.

Halaman setting Smartphone

Personal IMAP Android

Pilih IMAP

Isi email di android

Masukan alamat email


masukan password email android

Masukan password email yg ada

Setting incoming server di Android Cara Setting Email di HP

Isi Incoming Server dari server

Setting outgoing server email android - Cara Setting Email di HP

Isi Outgoing Server dari server


Validasi email di hp

Validasi email

Validasi email di hp berhasil

Validasi email berhasil

Nama email di hp Cara Setting Email di HP

Berika nama


Email berhasil ditambahkan

Email berhasil ditambahkan

Tampilan menu email

Tampilan menu email

Tampilan Inbox Email

Tampilan Inbox Email

Jika pada saat validasi tidak berhasil, maka pada langkah nomor 3 pilih MANUAL SETUP

Konfigurasi manual pada dasarnya sama hanya lebh detail ketika menentukan pilihan IMAP dan POP3 serta pilihan jenis keamanan.

Antara dibuka di browser dengan di HP tidak begitu memiliki perbedaan dari sisi fungsi Walupun ada fitur pngaturan yang yang tidak bisa dilakukan di HP.

Konfigurasi ini juga berlaku untuk semua jenis operating sistem, baik Android, iOS, Windows. Karena pada dasarnya username password, incoming dan outgoing server sama. Hanya berbeda pada layout saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *