Cara Setting G Suite Email Hosting Nama Domain

  • by

Cara setting G Suite Email Hosting – Terkait dengan artikel sebelumnya mengenai Setelah beli hosting dan domain yang terbagi kedalam beberapa poin salah satunya yaitu, Domain diperuntukan sebagai email hosting (tanpa beli web hosting)

Perhatian: cara setting email hosting berbeda dengan membuat email di cpanel hosting, cara membuat akun email di cpanel hosting tinggal membuat akun email nya saja karena konfiguarasi dibalik itu sudah dilakukan oleh penyedia hosting.

Artikel ini akan menjelaskan teknis cara setting email hosting yang artinya agar sebuah domain bisa kirim dan terima email walaupun tanpa beli hosting web.

Langkah cara seting G Suite Email Hosting

Pertama yang harus dilakukan adalah beli layanan email hosting (hosting khusus email) seperti G Suite atau email hosting lainnya.

Kedua setelah hosting email didapatkan lalu arahkan MX Record dari domain ke hosting email supaya tersambung. MX Record ini diberikan oleh penyedia email hosting tersebut. MX Record akan berbeda-beda di setiap penyedia.

Ketiga menunggu masa propagasi sekitar 48 jam atau bisa kurang, jika sudah resolved maka sudah bisa kirim dan terima email walaupun tanpa beli hosting.

Dibawah ini adalah contoh cara setting G Suite ( secara umum cara mengarahkan MX Record adalah sama, hanya berbeda nilai nya)

1. Silahkan login ke Admin G Suite, akan diberikan beberapa langkah namun yang perlu diperhatikan adalah ketika diminta untuk memasukan nilai MX Record. Lihat gambar berikut:

Nilai MX Record G Suite
Informasi/Petunjuk dalam Admin G Suite

Dibawah ini adalah tabel nilai MX yang diberikan oleh Google

Nama/Host/Alias*TTL (Time to Live)Jenis Data PrioritasNilai/Jawaban/Tujuan
@ atau dikosongkan3600MX1ASPMX.L.GOOGLE.COM.
@ atau dikosongkan3600MX5ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
@ atau dikosongkan3600MX5ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
@ atau dikosongkan3600MX10ALT3.ASPMX.L.GOOGLE.COM.
@ atau dikosongkan3600MX10ALT4.ASPMX.L.GOOGLE.COM.

2. Isikan nilai diatas di panel domain.

Kali ini kita bahas domain yang tidak memiliki hosting karena artikel ini khusus membahas cara setting G Suite email hosting untuk domain yang tidak memiliki hosting.

Untuk domain yang sudah memiliki hosting web, silahkan hapus nilai MX Record yang sudah ada, hapus nilai MX tersebut menggunakan fitur Zone Editor di cpanel hosting. Kemudian tambahkan MX Record yang diberikan oleh G Suite atau Email hosting lainnya di panel domain.

3. Selanjutnya login ke panel tempat beli domain

panel domain
Login ke area klien/panel domain

4. Pilih nama domain yang akan di konfigurasi dan klik Manage Domain

pilih manage domain
Pilih nama domain – Manage Domain

5. Pada kolom sebelah kiri pilih DNS Management

pilih dns management
Klik DNS Management

Jika DNS Management tidak muncul di panel domain, silahkan minta ke penyedia domain untuk diaktifkan karena biasanya fitur DNS Management bersifat gratis.

6. Selanjutnya silahkan masukan semua nilai MX yang diberikan oleh Google

Konfigurasi MX Record G Suite
Isi nilai MX Record

Bagian Record Type pilih dropdown MX dan Address isi dengan nilai MX dari Google. Jika setelah di save perubahan MX Record tidak terlihat di list. Silahkan isi bagian Host Name dengan @

Bagian Priority silahkan isikan nilai yang diberikan Google atau yang paling rendah dari nilai priority email default/email sebelumnya. Jika sudah terdapat MX Priority email sebelumya yang bernilai lebih kecil misal 0 silahkan rubah nilai priority nya menjadi lebih besar dari nilai priority yang diberikan oleh Google.

Catatan: Beberapa penyedia domain menggunakan label yang berbeda untuk kolom nilai dan nama, dan beberapa penyedia domain juga mewajibkan penambahan titik di akhir nilai.

7. Silahkan isi nilai MX Record satu persatu, sehingga menjadi seperti ini:

Nilai MX Record G Suite
Nilai MX Record

Setelah nilai MX Record diisi silahkan tunggu propagasi dalam waktu 48 jam atau bisa saja kurang dari 48 jam. Silahkan cek juga di halaman admin G Suite, jika tertera pesan sudah resolved berarti email sudah bisa digunakan.

Jika semua konfigurasi selesai dan dilakukan dengan benar, silahkan tes kirim dan terima email melalui gmail.

Tambahan informasi: Bagaimana jika ingin menghapus nilai yang sudah ditambahkan, caranya hapus semua nilai-nilai yang sudah ditambahkan kemudian simpan.

Jika belum paham atau masih bingung tentang cara setting G Suite silahkan minta bantuan penyedia G Suite atau penyedia domain, minta untuk bantu di konfigurasi.

Cara setting email hosting selain G Suite pada prinsipnya sama yaitu dapatkan nilai MX Record dari penyedia email hosting lalu masukan nilai MX Record tersebut di panel domain.