Lupa Password Admin WordPress

  • by

Cara mengatasi lupa password wp admin WorPress

Lupa Password Admin WordPress – Cara mengatasi lupa password login ke admin WordPress bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan fitur lupa password yang sudah tersedia secara default dan dengan cara merubah password secara langsung melalui database menggunakan phpMyAdmin di cpanel hosting.

Cara pertama menggunakan fitur default

Cara ini cukup mudah dilakukan yaitu tinggal masukan email yang digunakan ketika install WordPress atau email yang tertera di admin WordPress.

Fitur lupa password admin wordpress
Fitur lupa password
Maskukan alamat email untuk lupa password
Masukan alamat email

Setelah masukan alamat email akan ada pemberitahuan ke email tersebut tentang instruksi untuk reset password, klik link yang ada di email kemudian masukan password baru.

Jika email reset password tidak diterima bisa dikarenakan hal berikut ini :

  • Fungsi PHP Mail tidak tersedia di server atau karena sudah terlalu banyak kirim email terutama di shared hosting yang biasanya membatasi pengiriman email 100 email per jam.
  • Email harus di registrasikan melalui fitur Register mail IDs. Silahkan lihat di cpanel hosting Anda apakah terdapat pemberitahuan mengenai hal tersebut, jika ada maka tinggal masukan wordpress@namadomainanda.
  • IP server di blacklist email penerima. Ini jarang terjadi tapi Anda bisa cek atau tanyakan ke penyedia hosting setelah mencermati kedua hal diatas.

Cara kedua mengatasi lupa password login ke admin WordPress melalui database phpMyAdmin

Perhatian! ketika melakukan ini atau apapun terkait database diharuskan backup terlebih dahulu database Anda, silahkan lihat cara backup website di cpanel (cukup backup database nya saja) karena tidak ada perubahan di file website.

Sebelum edit database ketahui dahulu nama database yang akan di edit, jangan salah edit database terutama jika dalam hosting Anda terdapat beberapa website dan beberapa database.

Cara mengetahui nama database yang terkait dengan website WordPress Anda silahkan ikuti langkah berikut ini :

  • Di halaman Home cpanel pilih File Manager -> public_html kemudian buka file wp-config.php (jangan di edit) dan jika file WordPress Anda ada di subdomain maka pilih nama folder subdomain terkait nama domain.
file manager cpanel
File manager
Edit file wp-config
wp-config.php
Isi file wp-config.php
Isi file wp-config.php (jangan di edit)
  • Setalah mengetahui nama database kembali ke halaman Home cpanel dan pilih phpMyAdmin.
Plilih phpMyAdmin di cpanel
Pilih phpMyAdmin
  • Pilih nama database yang tadi sudah diketahui melalui file wp-config.php dan bagian user_pass hapus isian yang sudah ada kemudian masukan password baru. Pada dropdown pilih MD5 kemudian klik Go di kanan bawah.
Masukan password baru di phpmyadmin ketika Lupa Password Admin WordPress
Masukan password baru

Jika Anda melakukan langkah yang benar maka password database sudah diganti dengan yang baru dan sudah bisa digunakan untuk login.

Mengatasi lupa password dengan kedua cara diatas tidak hanya untuk login admin tapi berlaku juga untuk pengguna yang terdaftar di website.

Namun sekali lagi backup terlebih dahulu database supya jika terjadi kesalahan tinggal di restore.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *