Setelah Beli Hosting dan Domain Langkah Selanjutnya Apa?

  • by
Hosting domain dan website
Gambar oleh Olalekan Oladipupo dari Pixabay

Setelah beli domain dan hosting langkah selanjutnya adalah menjadikan hosting dan domain tersebut sesuai dengan peruntukan yang sudah direncanakan.

Secara umum peruntukan hosting dan domain terdiri dari beberapa hal:

Pertama, setelah beli domain diperuntukan hanya untuk layanan email. Jika domain hanya digunakan untuk layanan email maka harus menggunakan layanan khusus untuk email atau disebut juga email hosting.

Apa bedanya domain hanya diperuntukan untuk email dengan domain misalnya untuk membuat website ?

Domain yang diperuntukan untuk email hanya bisa digunakan untuk menerima dan kirim email serta fitur lain terkait penggunaan email seperti kalendar, jadwal dll. Salah satu contoh layanan email hosting adalah G Suite Google Apps.

Nama Domain yang hanya terkoneksi dengan G Suite hanya bisa digunakan untuk layanan yang diberikan oleh G Suite seperti email gmail, google drive, google docs, google sheets dll.

Selain G Suite ada juga email hosting alternatif lainnya seperti Email Bisnis dan Email Enterprise

Ketahui lebih detail tentang Apa Itu G Suite

Email hosting tidak bisa diisi dan diperuntukan untuk membuat website ataupun aplikasi khusus.

Domain yang diperuntukan selain hanya untuk email hosting bisa diguakan lebih luas seperti untuk membuat website, membuat aplikasi khusus atau hanya untuk menyimpan data sesuai dengan ketentuan layanan masing-masing penyedia hosting.

Domain yang diperuntkan khusus email tidak akan bisa diakses karena domain tidak diarahkan ke file tertentu, file tersebut hanya bisa dibuat dalam sebuah web hosting

Tetapi jika domain sekaligus juga memiliki web hosting maka sudah termasuk memiliki layanan email. Jumlah akun email yang bisa dibuat, kapasitas email dan fitur lain tergantung dari paket yang ditawarkan oleh penyedia hosting.

Lihat detail Shared Hosting

Kedua, setelah beli hosting dan domain kemudian diperuntukan untuk membuat website yang artinya ketika nama domain diakses akan menampilkan konten tertentu yang disebut website.

Ketiga, setelah beli hosting dan domain diperuntukan untuk aplikasi khusus. Biasanya hosting yang memuat aplikasi khusus ketika domain diakses hanya menampilkan form login tidak menampilkan banyak konten.

Aplikasi khusus bisa berupa aplikasi laporan keuangan, aplikasi chat, aplikasi android dan aplikasi-aplikasi lainnya.

Keempat, setelah beli hosting dan domain diperuntukan sebagai tempat backup/menyimpan data. Tidak ada konten lain selain hanya untuk upload dan download file ke dan dari hosting.

Harap diperhatikan terkait backup, setiap penyedia hosting menerapkan syarat dan ketentuan penggunaan hosting. Salah satunya yaitu shared hosting tidak cocok/tidak diperbolehkan sebagai tempat menyimpan data dalam jumlah besar. Untuk hosting sebagai media penyimpanan data sebaiknya menggunakan VPS Hosting atau Dedicated Server.

Untuk hosting sebagai media penyimpanan data bahkan tidak perlu memiliki nama domain karena data bisa akses langsung melalui IP server.

Kesimpulan:

Setelah beli hosting dan domain ada 4 hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Domain diperuntukan khusus untuk email
  • Hosting untuk website
  • Hosting untuk aplikasi khusus
  • Hosting dijadikan sebagai tempat backup/khusus data

Rincian tentang bagaimana cara mempraktekan keempat poin diatas akan kita bahas dalam artikel selanjutnya.

Komentar ditutup.