Spesifikasi Kebutuhan Hosting

  • by

Spesifikasi kebutuhan hosting untuk membuat website bisa ditentukan dari berapa besar space dan bandwith serta sumber daya lain yang diperlukan.

Sebelum membuat website perlu diketahui terlebih dahulu rencana website apa yang ingin dibuat. Rencana membuat website paling pokok yang perlu diperhatikan adalah apakah website tersebut akan langsung dibuat besar atau website dibuat hanya supaya online saja.

Website langsung dibuat besar misalnya langsung di promosikan secara masif besar-besaran, konten sudah dikumpulkan sekomplit mungkin, sistem website sudah menyeluruh memenuhi semua kebutuhan. Website tersebut sudah benar-benar dianalisa secara matang untuk dijadikan besar dalam waktu cepat.

Jika sebuah website sudah direncanakan untuk dibuat besar secara cepat maka sudah pasti kebutuhan hardware dan sumber daya lain di tahap awal pun akan besar.

Lain hal jika website hanya dibuat online saja terlebih dahulu, artinya ketika website sudah online tidak langsung dipromosikan secara besar-besaran. Konten tidak terlalu banyak, sistem website hanya dibuat sistem inti saja. Website tidak benar-benar dijadikan besar dalam waktu cepat.

Website seperti ini tidak memerlukan hosting dengan sumder daya besar namun diambil seperlunya saja. Kebutuhan akan hosting biasanya di update sambil berjalan melihat perkembangan.

Sekarang kita ambil contoh secara teknis sekalian menjawab pertanyaan paling utama diatas yaitu spesifikasi kebutuhan hosting apa saja yang dapat memenuhi untuk membuat website.

Spesifikasi kebutuhan hosting untuk membuat website.

  • Perkirakan besaran file website termasuk script dan gambar serta file jenis lainnya yang akan di upload ke hosting. Besaran file script/sistem website yang pasti silahkan konsultasikan dengan developer.
  • Jika website dibuat hanya untuk online saja misal menggunakan wordpress 5.2.4 setelah di ektrak ukuran nya sebasar 50MB belum termasuk jika install plugin.
  • Setelah ukuran file script kemudian ukuran gambar untuk konten, contoh misalnya setiap gambar ideal untuk sebuah website kurang dari 200KB. 1MB=1000KB. Jika jumlah gambar 100 maka 100x200KB=20.000KB atau sama dengan 20MB

Ukuran gambar website harus di optimalkan se optimal mungkin supaya akses website lebih cepat. Jika saja satu gambar yang di upload ke hosting ukuran nya 1MB maka setiap pengunjung harus load 1MB hanya untuk satu gambar. Jika gambar di web banyak maka harus load lebih banyak lagi.

Walaupun ada tekhnik supaya gambar tidak di load seutuhnya kecuali ketika di klik tetapi pengoptimalan gambar sangat harus dilakukan. Semakin kecil jumlah total halaman website maka semakin cepat website diakses.

  • Selanjutnya harus di perkirakan berapa pengunjung website yang akan ditargetkan. Akses pegunjung website berkaitan dengan bandwith. Semakin banyak pengunjung website maka semakin besar penggunaan bandwith.

Jika situs web direncanakan mendapat pengunjung tanpa batas di tahap awal secara cepat maka bandwith juga harus tanpa batasan (unlimited bandwith)

Berbeda dengan website yang pengunjung nya sedikit atau bahkan tidak ada pengunjung sama sekali maka bandwith yang dibutuhkan pasti kecil. Malahan website yang tidak ada pengunjungnya mengakibatkan bandwith hampir sama sekali tidak terpakai.

Kenapa sebelum beli hosting harus mengetahui spesifikasi kebutuhan hosting ? pertimbangan nya adalah efisiensi.

Tidak perlu mengeluarkan biaya hosting mahal jika website hanya untuk dibuat online saja dalam artian tidak dikembangakan secara besar-besaran dalam waktu dekat.

Namun jangan sampai juga terjadi kapasitas dan sumber daya server hosting tidak bisa menampung file konten website dan lonjakan pengunjung yang tinggi. Artinya diperlukan sepesifkasi kebutuhan hosting yang tinggi yaitu space, bandwith termasuk CPU dan RAM harus lebih tinggi dan lebih besar.

Kesimpulan

Jika website direncanakan untuk langsung dibuat besar dalam waktu cepat serta memiliki konten banyak maka gunakan hosting unlimited space dan unlimited bandwith. Tidak disarankan menggunakan shared hosting tapi gunakan Dedicated Server atau Colocation.

Baca selengkapnya mengenai Jenis Web Hosting

Jika website hanya dibuat untuk online saja dan seperti contoh diatas misal menggunakan WordPress maka hosting dengan kapasitas 200MB dan Bandwith 2000MB sudah cukup. Website sudah bisa dilihat secara online.

Lihat detail Shared Hosting

Rata-rata total file WordPress dan banyaknya file gambar kurang dari 100 gambar, hanya sekitar 150MB saja.

Biasanya pemilik website kecil melihat perkembangan terlebih dahulu dan kemudian seiring dengan berjalan nya waktu dan terlihat website memerlukan sumber daya besar karena bertambahnya konten atau bertambahnya pengunjung maka hosting di upgrade ke lebih tinggi.

Jika masih perlu informasi lebih detail mengenai spesifikasi kebutuhan hosting untuk website, silahkan hubungi layanan bantuan.

Spesifikasi cloud untuk kebutuhan hositng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *