Cara Beli Hosting Dan Domain

  • by

Cara beli hosting dan domain – Ketika beli domain dan hosting terdapat tiga cara yang bisa dilakukan yaitu hanya membeli domain saja, hanya beli hosting saja atau beli domain dan hosting sekaligus dalam satu paket.

Tapi pada umumnya pengguna lebih sering beli langsung sepaket yaitu beli hosting dan domain supaya lebih praktis dalam mengelola (Domain dan hosting ada di satu tempat)

Dibawah ini dijelaskan ketiga cara diatas.

1. Cara Beli Domain Saja

  • Silahkan akses webhostingallinone.com atau klik menu Home.

Pada bagian Cari Nama Domain ketik nama domain yang diinginkan, berikut dengan ekstensi nya (akhiran domain) misal namadomainbaru[dot]com (dot ganti dengan titik). Selain .com bisa juga ekstensi lain misalnya .id .co.id .ac.id .net .info dll.

  • Klik icon panah ke kanan.
Cari nama domain
Ketik nama domain baru
  • Jika nama domain masih tersedia akan muncul pemberitahuan “Selamat, namadomainbaru[dot]com tersedia!” Silahkan pilih berapa lama nama domain tersebut ingin didaftarkan.

Ekstensi nama domain bisa diganti, jika ingin merubahnya klik drop down pada bagian ekstensi nama domain dan pilih ekstensi yang diinginkan. Kemudian klik lanjutkan.

Nama domain tersedia untuk di daftarkan
Nama domain tersedia untuk didaftarkan
  • Jika nama domain tidak tersedia untuk didaftarkan berarti sudah dimiliki orang lain maka tampilannya akan seperti berikut ini:
Nama domain tidak tersedia beli hosting dan domain
Nama domain tidak tersedia untuk didaftarkan
  • Setelah nama domain tersedia untuk didaftarkan, klik lanjutkan kemudian konfigurasi domain.
Konfigurasi Domain

– Ceklist Manajemen DNS (GRATIS!) jika ingin fitur manage DNS tersedia di panel domain.

– Ceklist Penerusan email (GRATIS!) jika ingin fitur penerusan email tresedia di panel domain.

– Ceklist Perlindungan ID jika ingin data kepemilikan nama domain tidak ditampilkan di pencarian Whois. Perlindungan ID dikenakan biaya tambahan periode tahunan sesuai periode aktif nama domain.

– Name Server tidak perlu dirubah jika hosting ada di webhostingallinone.com (beli hosting di tempat yang sama) Tetapi walaupun beli hosting di tempat sama, pastikan Name Server sesuai dengan NS yang tertera di detail akun ketika beli hosting. Minimum jumlah Name Server yang harus diisi adalah dua Name Server.

  • Setelah semua diperiksa silahkan klik tombol Lanjutkan ke halaman akhir pembelian domain.
Beli domain tanpa hosting halaman checkout
Halaman akhir proses pembelian nama domain

Keterangan gambar:

– Periksa nama domain, harga dan periode pembelian.

  • Untuk pelanggan baru silahkan isi data dengan lengkap, data ini akan digunakan sebagai data kepemilikan nama domain. Pastikan semua data diisi dengan benar supaya mudah dihubungi untuk keperluan pemberitahuan dan lainnya.

– Pilih tab Pelanggan yang ada jika sudah terdaftar di kami.

– Setelah semua isian diperiksa dengan seksama, dibagian bawah ceklist “Saya telah membaca dan menyetujui Ketentuan Layanan” selanjutnya klik tombol Checkout.

  • Setelah proses Checkout selesai terlihat halaman Invoice berisi total yang harus dibayar. Semua detail tentang pembelian nama domain juga dikirim melalui email termasuk keterangan cara pembayaran dan lainnya.
  • Proses pembelian domain selesai dan akan aktif setelah melakukan pembayaran. Domain aktif maksimal dalam 1×24 jam namun pada umum nya kurang dari 15 menit domain sudah aktif.

2. Cara Beli Hosting Saja

Terdapat banyak pilihan paket hosting di WHAiO (webhostingallinone.com) dalam tutorial ini contoh ketika beli shared hosting paket Home Plan 1. Paket hosting yang ingin dibeli silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.

Pilihan paket shared linux hosting
Pilihan paket Hosting
  • Pilih paket hosting sesuai kebutuhan, klik tombol Pesan Sekarang.
Paket shared hosting Home plan
Paket hosting Home Plan
  • Pilih Saya sudah memiliki nama domain dan akan memperbarui Name Server
Beli hosting tanpa domain
Seleksi Produk Periode Hosting

Keterangan gambar:

Daftarkan Domain Baru jika ingin sekaligus beli hosting dan beli nama domain baru.

Transfer Domain Dari Registrar Lain jika ingin memindahkan nama domain ke webhostingallinone.com

Saya Sudah Memiliki Nama Domain dan Akan Memperbarui Name Server artinya Anda sudah memiliki nama domain yang sudah aktif dan ingin mengarahkan Name Server ke hosting di webhostingallinone.com

– Tentukan Siklus Penagihan Hosting

Siklus Penagihan/Periode Berlangganan Hosting bisa Tahunan, Dua tahunan atau tiga tahunan. Tergantung paket produk hosting yang dibeli, untuk paket hosting tertentu bisa bulanan, tiga bulanan, enam bulanan atau tahunan.

  • Jika sudah ditentukan, klik tombol Lanjutkan
  • Isi data yang diperlukan lalu klik Checkout, silahkan lakukan pembayaran sesuai invoice yang dikirim melalui email.
  • Proses pembelian hosting saja, selesai.

3. Cara Beli Hosting Dan Domain Dalam Satu Paket

Cara beli hosting sekaligus beli domain hampir sama dengan cara beli hosting saja. Bedanya di halaman Seleksi produk pilih Daftarkan Domain Baru kemudian pilih siklus penagihan hosting dan isi data yang diperlukan kemudian Checkout.

Mulai dari menentukan paket hosting kemudian order dan pada seleksi produk pilih daftarkan domain baru kemudian isi nama domain yang diinginkan.

Daftarkan nama domain baru.
Daftarkan nama domain baru.

Pilih periode hosting terkait nama domain baru yang sudah dipilih dan klik Lanjutkan.

Pilih siklus penagihan hosting
Pilih siklus penagihan hosting

Pada halaman selanjutnya akan terlihat rincian pesanan yaitu pesanan nama domain juga sekaligus hosting.

Rincian pembelian domain dan hosting
Rincian pembelian domain dan hosting

Silahkan periksa kembali, jika sudah benar lanjutkan dengan isi data kepemilikan atau langsung login jika sudah terdaftar sebagai klien kami. Kemudian lakukan pembayaran supaya domain hosting Anda dapat diaktifkan.

Informasi Tambahan.

Memilih pembelian domain dan hosting terpisah biasanya terjadi karena sudah membeli domain terlebih dahulu di awal, Tujuan membeli domain tanpa hosting karena ingin mengamankan nama domain tersebut supaya tidak didaftarkan oleh orang lain. Atau membeli domain hosting secara terpisah bisa juga dikarenakan mendapat harga domain murah di penyedia A sedangkan harga hosting murah atau sesuai budget ada di penyedia B.

Penyebab lain bisa karena pada awalnya membeli ditempat sama namun kemudian memutuskan untuk melakukan perpindahan hosting dengan alasan tertentu.

Tidak menjadi soal jika Anda memilih beli domain hosting secara terpisah namun disarankan membelinya di satu tempat supaya mempermudah koordinasi, misalnya bagi pemula bisa dengan mudah meminta kepada penyedia untuk membuatkan child name server di domain terkait hosting.

Atau koordinasi lain seperti beralih dari shared hosting ke VPS maupun ke Dedicated. Jika domain hosting di satu tempat maka Anda tidak perlu kontak ke kedua penyedia untuk melakukan konfigurasi.